Doa untuk Suami yang Menyakiti Hati Istri, buat Dia Sadar!

Doa untuk Suami yang Menyakiti Hati Istri, buat Dia Sadar!

Dalam hubungan suami istri, terjadi perselisihan karena suatu masalah adalah hal yang wajar. Namun berbeda halnya jika suami yang sepatutnya menjadi teladan bagi keluarga malahan sering menyakiti hati istri, entah itu dengan perkataan atau perbuatannya.

Ketika menjalin bahtera rumah tangga, antara suami dan istri seharusnya bisa saling memahami, menyayangi dan mencintai dengan tulus. Kalaupun terjadi perselisihan, tidak ada kata-kata atau perbuatan yang melampaui batas sehingga menimbulkan rasa sakit hati yang dalam.

Jika Anda adalah seorang istri yang memiliki suami yang sering menyakiti Anda, entah itu dengan perbuatan fisik maupun perkataan, semoga doa serta amalan berikut ini bisa menyadarkan suami akan perbuatan salahnya.

Bacaan Doa untuk Istri yang Disakiti Suami

Doa Istri yang Disakiti Suami

Seorang istri diharuskan berbakti kepada suaminya. Hal tersebut sudah tertera jelas di dalam Al-Qur’an surat An-Nisa ayat 34 yang isinya menyatakan bahwa perempuan-perempuan yang Saleh adalah mereka yang taat (kepada Allah). Hal tersebut berarti pula bahwa mereka (wanita) harus menjaga diri Ketika suaminya tidak ada karena Allah menjaga mereka.

Suami yang terkadang berbuat salah kepada istrinya adalah hal wajar. Namun jika perbuatan tersebut berlebihan ataupun sering dilakukan sehingga membuat istrinya merasa sakit hati, maka bisa amalkan doa-doa untuk menyadarkannya.

Ketika suami mendzalimi anda hingga membuat Anda merasakan sakit hati yang dalam, doa yang bisa anda amalkan adalah sebagai berikut:

لَّا يُحِبُّ ٱللَّهُ ٱلْجَهْرَ بِٱلسُّوٓءِ مِنَ ٱلْقَوْلِ إِلَّا مَن ظُلِمَ ۚ وَكَانَ ٱللَّهُ سَمِيعًا عَلِيمًا

Latin: Laa yuhibbullaa huljahra bissuu-i minalqowli illaa man zhulima, wakaa nallaahu samii’an ‘aliimaa.

Artinya: “Allah tidak menyukai ucapan yang buruk (yang diucapkan) kepada seseorang dengan terang-terangan, melainkan orang yang dizalimi maka dia boleh menceritakan kezaliman tersebut, dan Allah maha mendengar lagi maha mengetahui.” (148: an-Nisa)

Bacaan Doa Nabi Daud untuk Melembutkan Hati Suami

Bacaan lain yang bisa Anda panjatkan adalah doa Nabi Daud untuk melembutkan hati suami. Membaca doa ini bisa dilakukan sehabis sholat dan dikenal sebagai permohonan kepada Allah SWT yang dapat melembutkan hati seseorang.

اَللَّهُمَّ لَيِّنْ لِيْ قَلْبَهُ لَيِّنْتَ لِدَاوُدَالْحَدِيْد

Latin: Allahumma laiyinli qalbahu, laiyinta li Daawudal Hadiid

Artinya: “Ya Allah, lembutkanlah hatinya sebagaimana Engkau melembutkan Daud (akan) besi.”

Terkait: Kata mutiara untuk suami yang menyakiti hati istri

Bacaan Doa agar Suami Mengingat Allah dan Tidak Menyakiti Istrinya

Doa satu ini diambil dari salah satu ayat dari surat An-Naml yaitu ayat yang ke-62. Dengan kuasa Allah SWT, panjatkan doa ini dan semoga suami Anda semakin mengingat Allah di hidupnya.

Hal tersebut karena suami yang senantiasa mengingat Allah, ingat akan nikmat-nikmat yang diberikan kepadanya serta suami yang bertambah taqwanya tidak akan sampai hati menyakiti istrinya.

Berikut bacaan doanya serta beserta arti:

أَمَّن يُجِيبُ ٱلْمُضْطَرَّ إِذَا دَعَاهُ وَيَكْشِفُ ٱلسُّوٓءَ وَيَجْعَلُكُمْ خُلَفَآءَ ٱلْأَرْضِ ۗ أَءِلَٰهٌ مَّعَ ٱللَّهِ ۚ قَلِيلًا مَّا تَذَكَّرُونَ

Latin: Ammay yujiibul mudhtarra idzaa da’aahu da’aahu wayaksyifussuu-a wayaj’alukum khulafaa-al ardhi ailahun ma’allahi qaliilaa maa tadzakkaruun

Artinya: “Bukankah Dia (Allah) yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila dia berdoa kepada-Nya, dan menghilangkan kesusahan dan menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah (pemimpin) di bumi? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Sedikit sekali (nikmat Allah) yang kamu ingat.”

Terkait: Kata-kata untuk suami yang tidak menghargai istri

Amalan yang bisa Istri Lakukan

Hal pertama yang dapat anda amalkan sebagai istri supaya suami menyadari kesalahannya adalah dengan intropeksi diri atau muhasabah. Ibarat tidak ada asap kalau tidak ada api, semua yang terjadi adalah tentang sebab-akibat. Anda bisa saja telah melakukan kesalahan, perilaku yang kurang baik kepada suami, ataupun dosa-dosa di masa lampau.

Cobalah perbaiki sikap kepada suami, entah itu dari perhatian-perhatian kecil yang mungkin telah Anda lewatkan selama ini. Selain itu, jalinlah komunikasi lebih baik lagi kepada suami. Cobalah berterus terang tentang perasaan Anda selama ini, ungkapkan tentang sikap suami yang telah menyakiti hati Anda dan memintanya untuk tidak mengulangi hal tersebut di masa mendatang.

Doa yang ditujukan kepada suami tidak harus dengan bahasa arab, Anda dapat mendoakan dengan bahasa apa saja asalkan itu baik dan isinya tidak menjelekkan atau mencelakakan. Ingatlah bahwa selain sisi buruk yang suami miliki, ada sisi baik yang juga Dia miliki.

Doa-doa bisa diamalkan setiap sehabis sholat fardu. Anda juga dapat mengamalkan sholat-sholat sunnah di malam hari seperti sholat hajat dan sholat tahajud. Amalkan sholat sunnah hajat untuk menggugurkan dosa Anda, suami beserta seluruh keluarga. Serta sholat sunnah tahajud dengan memohon supaya suami bisa menyadari akan kesalahannya menyakiti hati Anda selama ini.

Jangan lupa berzikir setiap hari sehingga selalu mengingat Allah guna menjaga lisan dan perbuatan serta dijauhkan dari hal-hal buruk di dunia.

Terkait: Doa agar Suami Setia dan Melupakan Selingkuhannya

Akhir Kata

Dengan mengamalkan doa-doa tersebut bukan berarti suami pasti akan menyadari kesalahannya selama ini, karena hanya Allah-lah yang Maha membolak-balikkan hati seseorang. Namun yakinlah bahwa Allah akan selalu menolong Anda, dan yakin pula bahwa Allah akan selalu membantu Anda melewati ujian tersebut. Semoga bermanfaat.

Zuandi Siregar
Berawal dari kata-kata, saya ingin berbagi pengetahuan saya dengan postingan-postingan yang bermanfaat dan dapat memberikan inspirasi bagi pembaca.