√ Tulisan Arab Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh & Artinya Lengkap

TrimeLive – Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh diucapkan setiap kali seorang muslim bertemu dengan dengan muslim lainnya. Assalamualaikum dibaca assalamu’alaykum merupakan ucapan salam yang menjadi sunnah yang sangat baik dan dianjurkan Rasulullah.

Ketika mendengar salam bahasa Arab ini, setiap muslim wajib menjawabnya dengan waalaikumsalam. Lebih lengkapnya adalah waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh yang artinya dan semoga Allah melimpahkan keselamatan, rahmat serta keberkahan juga kepada kalian.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh dalam bahasa Indonesia artinya semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahan-Nya dilimpahkan kepada kalian. Lalu dalam bahasa Inggris bisa diterjemahkan dengan “may peace be upon you.”

Ucapan salam ini tidak hanya sebatas salam pertemuan, namun juga kita sebenarnya mendoakan mereka sesama muslim dengan keselamatan di dunia dan akhirat serta keberkahan dan rahmat yang dilimpahkan oleh Allah SWT.

Ucapan salam Assalamualaikum bisa merekatkan persaudaraan sesama muslim terlepas dari segala perbedaan yang ada. Salam ini bisa diucapkan dimana saja (kecuali toilet, wc, kamar mandi) kepada saudara sesama muslim seperti rumah, pasar, masjid, kantor, bahkan jalanan dan tempat lainnya.

Baca Juga: Ucapan Selamat Pagi dan Gambar Terbaru

 Penjelasan Tentang Arti Assalamualaikum dan waalaikumsalam

Berdasar dari kitab Al-Adzkar karya Imam Nawawi, Terdapat kalimat yang menyebutkan ada 3 ucapan salam yang bisa diberikan kepada muslim lainnya, di antaranya:

1.       Assalamu’alaikum yang artinya adalah semoga keselamatan diberikan untukmu

2.       Assalamu’alaikum warahmatullah yang artinya semoga Allah melimpahkan keselamatan dan rahmat-Nya kepadamu atau bisa juga semoga keselamatan serta rahmat Allah diberikan kepadamu.

3.       Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh yang berarti semoga Allah melimpahkan keselamatan, rahmat serta keberkahan-Nya kepadamu. Lalu bisa diartikan pula Semoga keselamatan, rahmat serta keberkahan Allah dilimpahkan kepadamu.

Dari ketiga salam tersebut, anda bisa mengucapkan yang mana saja. namun alangkah lebih baiknya jika memilih salam yang ketiga karena mengandung arti doa yang lebih lengkap dari dua salam sebelumnya.

Jika salam tersebut diterjemahkan dalam setiap kata, maka artinya seperti di bawah ini:

Salam( السلام ) : Keselamatan

‘Alaikum ( عليكم ) : ada kata ‘ala (علي) artinya untuk/atas dan kum(كم) yang artinya kalian.

Wa(و) : Dan

Rahmatullah(رحمةالله ) : Rahmat Allah

Barakatuh (بركاته) :Keberkahan-Nya.

Sudah tahu kan arti dari salam tersebut mulai dari kalimat hingga per kata? Mari lanjutkan membaca bab selanjutnya.

Makna Ucapan Salam

Mungkin terkadang seorang muslim berpikir kalau salam hanyalah berupa salam pertemuan dan salam untuk mendoakan muslim lainnya. Tahukah anda kalau salam tersebut juga mempunyai beberapa makna yang sangat baik? Berikut penjelasannya.

1. Sebagai bentuk saling Menghormati

Menghormati seorang muslim bisa dilakukan dengan sebuah salam ketika dalam pertemuan. Menghormati merupakan sikap terpuji yang dilakukan terhadap orang-orang yang lebih tua atau seusia, orang yang berjasa bagi hidup kita misalnya guru dan orang tua serta orang yang berilmu yaitu ulama, ustadz dan ahli agama.

2. Sebagai bentuk saling Mendoakan sesama muslim

Salam yang berisi kalimat-kalimat doa, ketika memberi sesama muslim dengan sebuah salam, artinya kita juga memberinya sebuah doa untuk keselamatan, rahmat dan keberkahan yang semoga dilimpahkan oleh Allah kepadanya.

Seperti pembahasan sebelumnya kalau dimana saja bisa mengucapkan salam. Untuk itu setiap kali bertemu sesama muslim alangkah baiknya ucapkan salam dan ucapkan secara tulus serta dengan niat mendoakan.

Lalu jika kita yang mendapatkan salam, maka wajib hukumnya menjawab salam tersebut kepada seseorang yang memberikannya kepada kita. Jangan sampai mendapatkan dosa hanya karena kita tidak menjawab salam tersebut.

3. Mendekatkan Diri kepada Allah

Setiap kali kita mengucapkan salam yakin lah bahwa kita akan semakin mendekatkan diri kepada Allah karena salam merupakan sunnah Rasulullah SAW yang sangat dianjurkan untuk selalu diucapkan.

4. Berserah Diri kepada Allah

Makna selanjutnya adalah sebagai bentuk berserah diri kepada Allah. Salam berisikan doa untuk meminta keselamatan, keberkahan dan rahmat kepada Allah. Allah maha kuasa yang menguasai seluruh alam dan pemberi keberkahan serta keselamatan atas semua yang terjadi di dunia dan kelak di akhirat.

5. Mempererat tali silaturahmi

Salam bisa menjadi pondasi untuk memperkuat tali silaturahmi sesama muslim. Dimana saja asalkan dengan sesama muslim, kita bisa memperkuat ukhuwah islamiyah dengan sebuah salam.

Cara Pengucapan Assalamualaikum

Tulisan Arab Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh & Artinya Lengkap

Kita sudah sangat akrab dengan salam Assalamualaikum karena di setiap tempat atau acara pasti diucapkan sebagai salam pembuka. Namun seringkali pengucapan salam tersebut disepelekan, sangat sedikit orang yang memperhatikan cara pengucapan yang benar mulai dari tajwid hingga makhorijul hurufnya.

Pertama yang perlu diperhatikan adalah dari huruf sin dan ‘ain. Huruf sin lebih tepatnya ss dalam assalamu memiliki tasjid sehingga dibaca lebih panjang.dan huruf ‘ain dalam dibaca ‘alaikum bukan alaikum.

Jangan sampai kita salah pengucapannya dan akhirnya mengubah makna yang terkandung didalamnya. Lalu jangan mengucap salam untuk humor atau disingkat-singkat seperti mikum, askum dll karena artinya sudah sangatlah berbeda.

Hukum Tentang Meringkas Salam

Kita sering mendapati seorang teman, saudara, atau orang-orang yang meringkas salam ketika mengirim pesan lewat email, whatsapp, pesan teks atau media lainnya. Ada 2 pendapat yang menjelaskan tentang fenomena di masyarakat satu ini.

Pendapat pertama melarang tentang peringkasan salam karena dinilai telah mengubah arti/makna dari salam yang sebenarnya. Bukan hanya itu, salam yang diringkas juga bisa memiliki arti berbeda ketika diartikan ke bahasa lain seperti asx yang ketika diartikan ke dalam bahasa inggris adalah Panxat lalu lain sebagainya.

Sedang pendapat yang kedua tidaklah masalah bila sekedar tulisan, bukan bacaannya. Misalnya salam di ringkas menjadi askum, penerima pesan membacanya dengan assalamualaikum bukannya askum, maka ini diperbolehkan.

Lalu contoh lainnya adalah Assalamualaikum wr. Wb. Dalam hatinya penerima pesan tidak mungkin membacanya dengan wr. Wb melainkan warahmatullahi wabarakatuh karena ia paham maksud dari pesan itu.

Disisi lain, alangkah baiknya jika pesan salam yang hendak kita sampaikan tidak diringkas-ringkas meskipun itu hanya dalam bentuk teks yang dikirim lewat pesan elektronik karena bagaimanapun salam adalah suatu doa.

Hadits yang Berkaitan dengan Salam

Ada beberapa hadits tentang salam yang bisa anda ketahui.

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bahwasanya ada seorang yang bertanya kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam,

أَىُّ الإِسْلاَمِ خَيْرٌ قَالَ « تُطْعِمُ الطَّعَامَ ، وَتَقْرَأُ السَّلاَمَ عَلَى مَنْ عَرَفْتَ ، وَعَلَى مَنْ لَمْ تَعْرِفْ »

“Apa amalan islam yang paling baik?” Beliau shallallahu‘alaihi wa salam lantas menjawab, “Memberi makan (kepada orang yang butuh) dan mengucapkan salam kepada orang yang engkau kenali dan kepada orang yang tidak engkau kenali. ” (HR. Bukhari no.6236)

Dari ‘Amar bin Yasir, beliau mengatakan,

ثَلاَثٌ مَنْ جَمَعَهُنَّ فَقَدْ جَمَعَ الإِيمَانَ الإِنْصَافُ مِنْ نَفْسِكَ ، وَبَذْلُ السَّلاَمِ لِلْعَالَمِ ، وَالإِنْفَاقُ مِنَ الإِقْتَارِ

“Tiga perkara yang apabila seseorang tersebut memiliki ketiga-tiganya, maka akan sempurna imannya: 1. bersikap adil pada diri sendiri, 2. mengucapkan salam kepada setiap orang, dan 3. berinfak ketika kondisi pas-pasan. ” (Diriwayatkan oleh Bukhari secara mu’allaq yaitu tanpa sanad. Syaikh Al-Albani dalam Al Iman mengatakan bahwa hadis ini shohih)

لاَ تَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ حَتَّى تُؤْمِنُوا وَلاَ تُؤْمِنُوا حَتَّى تَحَابُّوا. أَوَلاَ أَدُلُّكُمْ عَلَى شَىْءٍ إِذَا فَعَلْتُمُوهُ تَحَابَبْتُمْ أَفْشُوا السَّلاَمَ بَيْنَكُمْ

“Kalian tidak akan masuk surga hingga kalian beriman. Kalian tidak akan beriman sampai kalian saling mencintai. Maukah ku tunjukkan pada kalian suatu amalan yang jika melakukannya kalian akan saling mencintai? Sebarkan lah salam di antara kalian.” (HR. Muslim no. 54)

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

يُسَلِّمُ الرَّاكِبُ عَلَى الْمَاشِى ، وَالْمَاشِى عَلَى الْقَاعِدِ ، وَالْقَلِيلُ عَلَى الْكَثِيرِ

“Hendak lah orang yang berkendaraan memberi salam pada orang yang berjalan. Orang yang berjalan memberi salam kepada orang yang duduk. Rombongan yang sedikit memberi salam kepada rombongan yang banyak.” (HR. Bukhari no. 6233 dan Muslim no 2160)

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

يُسَلِّمُ الصَّغِيرُ عَلَى الْكَبِيرِ ، وَالْمَارُّ عَلَى الْقَاعِدِ ، وَالْقَلِيلُ عَلَى الْكَثِيرِ

“Yang muda hendak lah memberi salam kepada yang tua. Yang berjalan (lewat) hendak lah memberi salam kepada orang yang duduk. Yang sedikit hendaklah memberi salam pada orang yang lebih banyak.” (HR. Bukhari no.6231)

Bagaimana Jika Non-Muslim Mengucapkan Salam?

Bagaimana jika seorang non muslim mengucap salam kepada seorang muslim? Apakah harus dijawab seperti biasa? atau hanya diam saja? Para ulama bersepakat kalau mengucapkan salam kepada seorang non-muslim adalah dilarang.

Lalu jika seorang non-muslim tersebut yang mengucapkan salam duluan, maka sebagaimana diterangkan dalam sebuah hadis.

إِذَا سَلَّمَ عَلَيْكُمْ أَهْلُ الْكِتَابِ فَقُولُوا وَعَلَيْكُمْ

“Apabila seorang yang ahli kitab (Nashrani dan Yahudi) memberi salam kepada kalian, maka balas lah dengan ucapan ‘wa’alaikum’.” (HR. Bukhari no.6258 dan Muslim no.2163)

Note: Ada pendapat lain tentang menjawab salam kepada non-muslim.

Kesimpulan

Itulah tulisan arab Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh serta arti dan pembahasan lengkap. Semoga para pembaca sekalian selalu saling mengingatkan tentang indahnya berbagi salam kepada sesama muslimnya.

Comments are closed.