√ Arti Yaumul Milad Barakallah Fii Umrik (Lengkap) dan Penjelasannya

TrimeLive.com – Dalam perayaan pesta ulang tahun, salah satu hal terpenting yang perlu diberikan kepada orang yang berulang tahun adalah ucapan selamat. Ucapan selamat merupakan doa, harapan, permohonan, dan syukur atas karunia umur panjang yang telah diberikan Sang Maha Kuasa, Allah Ta’ala.

Nah, bagi anda yang hendak memberikan ucapan selamat ulang tahun, dapat menggunakan kata-kata berbahasa arab, yaitu yaumul milad. Yaumul milad akhir-akhir ini telah populer diucapkan dalam perayaan ulang tahun, namun apakah anda tahu arti kata tersebut yang lebih lengkapnya?

Arti kata Yaumul Milad Barakallah Fii Umrik

Mungkin anda pernah mendengar kata yaumul milad, entah itu diucapkan oleh teman, keluarga, atau saudara. Atau bahkan anda sendiri yang sering mengucapkannya kepada orang terdekat, tapi tidak tahu persis apa arti kata tersebut.

Kata ucapan yaumul milad memang telah populer sejak lama, dan sering diucapkan dalam masyarakat pada umumnya. Kata tersebut biasanya diucapkan saat seseorang berulang tahun, bisa disandingkan dengan kata-kata lain seperti “barakallah fii umrik, semoga Panjang umur, sehat selalu, dll.”

Kata ‘Milad’ berhubungan dengan kelahiran, peringatan kelahiran atau ulang tahun. Sedangkan ‘Yaumul’ bisa diartikan sebagai selamat. Jika digabungkan, ‘Yaumul Milad’ memiliki sebuah arti ‘selamat hari kelahiran’ atau ‘selamat ulang tahun’.

Sedangkan barakallah fii umrik memiliki yang sepenuhnya berbeda. Ucapan ini kemungkinan sudah sangat sering anda dengar, karena dalam ucapan ulang tahun islami, barakallah fii umrik selalu dilibatkan di dalamnya.

‘Barakallah fii umrik’ memiliki arti ‘semoga keberkahan selalu Allah limpahkan atas usiamu’. Jadi, orang-orang yang memberikan ucapan ini berharap serta mendoakan semoga ulang tahunnya selalu diberikan keberkahan atas usianya.

Jadi, pada dasarnya yaumul milad artinya adalah selamat ulang tahun. Dan Barakallah fii umrik’ memiliki arti semoga keberkahan selalu Allah limpahkan atas usiamu. Jika digabungkan, keduanya memiliki arti & makna yang sangat baik, sehingga tidak ada salahnya anda memberikan ucapan selamat ini kepada orang tercinta yang di ulang tahunnya.

Penjelasan tentang Kata ‘Yaumul Milad’

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, yaumul milad merupakan ucapan untuk hari kelahiran seseorang dalam Bahasa arab. Meskipun anda tahu bahwa yaumul milad sudah pasti berhubungan dengan ucapan kelahiran atau ulang tahun, namun tidak ada salahnya mempelajari kata yaumul milad itu sendiri.

Agar lebih mendasar, ada beberapa sumber rujukan yang telah saya tambahkan agar menjelaskan dengan lebih baik kata yaumul milad, dan bagaimana kata tersebut dibentuk untuk dijadikan ucapan atas kelahiran seseorang.

  1. Dalam istilah arab, yaumul milad (يَوْمُ الْميلاد) terbentuk dari gabungan antara kata Yaum (يوم) dan Milad (ملاد). Berdasarkan terjemahan ke dalam Bahasa Indonesia, kata Yaum (يوم) memiliki arti “hari” dan kata Milad (ملاد) memiliki arti “kelahiran”. Jika digabungkan, keduanya dapat diartikan “hari kelahiran”. Dengan kata lain, yaumul milad merupakan sebuah ungkapan sederhana selamat hari kelahiran atau selamat ulang tahun dalam Bahasa arab.
  2. Merujuk ke dalam ilmu syafy, kata Yaum (يوم) merupakan jenis kata yang termasuk pada kategori ajwaf. Maksudnya adalah Yaum (يوم) merupakan kata yang terdiri dari tiga huruf, dimana pada huruf tengahnya termasuk huruf mad tabi’i. sedangkan kata Milad (ملاد), Ketika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia memiliki arti kelahiran. Menurut sebuah istilah dalam Bahasa arab, Milad termasuk isim masder atau kata dasar dalam kategori mistal.
  3. Beralih ke ilmu Nahwu, Yaumul Milad merupakan bentuk idhofah atau penyandaran dalam bahasa Arab. Jika merujuk pada grammar di dalam Bahasa inggris, lebih dikenal dengan possessive noun. Kata “Milad” yang digabungkan dengan kata “Yaum” menjadi sebuah kata keterangan bagi kata sandarannya. Dengan maksud lain, kata “Yaum” tidak akan bisa dipahami jika tidak berdiri sendiri.

Doa Iftitah Muhammadiyah yang Benar dan Artinya


Penggunaan Kata Yaumul Milad

Penggunaan Kata Yaumul Milad

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, kata yaumul milad berarti selamat hari kelahiran atau selamat ulang tahun. Penggunaan kata ini seringkali digabung dengan kata lain supaya membuat arti yang lebih berkesan dan bermakna.

Umumnya kata yaumul milad disandingkan dengan barakallah fii umrik, sehingga memiliki arti selamat ulang tahun, semoga Allah senantiasa melimpahi keberkahan atas usiamu.

Tidak hanya itu, ada variasi-variasi lainnya yang bisa anda gunakan dan sandingkan dengan yaumul milad. Berikut beberapa contohnya:

  • Yaumul milad abi, barakallah fii umrik
  • Yaumul milad umi, barakallah fii umrik
  • Yaumul milad sayang, semua doa terbaik kupanjatkan atas usiamu. Semoga Panjang umur dan sehat selalu.
  • Yaumul milad suamiku tercinta, semoga usia yang bertambah membawa keberkahan untukmu
  • Yaumul milad istriku tercinta, semoga Allah menambah kenikmatan dunia, dan kebahagiaan serta kesenanganmu dalam hidup
  • Sungguh karunia yang luar biasa yang telah Allah berikan kepadamu. Yaumul milad sahabatku! Semoga senantiasa sehat wal afiat, berumur Panjang, dan diberikan kehidupan yang penuh kebaikan serta kebahagiaan.
  • Yaumul milad teman terbaikku! Aku sangat bersyukur atas Panjang umurmu. Semoga Allah senantiasa menjagamu dari segala bentuk keburukan. Dan semoga keberkahan selalu ada dalam hidupmu.

Anda dapat menggunakan variasi kata-kata lainnya yang bisa diberikan kepada orang-orang terdekat anda seperti ibu, ayah, istri, suami, teman, sahabat, kekasih, dan lainnya.

Balasan untuk Ucapan Yaumul Milad

Ketika seseorang memberi ucapan yaumul milad, sudah sewajarnya anda menjawabnya dengan baik. Lalu balasan seperti apa yang tepat untuk diucapkan? Bagi anda yang belum begitu paham, mungkin dengan ucapan seperti “amin …” atau “terima kasih atas doanya” sudahlah cukup.

Namun, apakah anda tahu terdapat jawaban yang tepat untuk ucapan yaumul milad? Lebih lengkapnya, Ketika seseorang memberi ucapan “yaumul milad barakallah fii umrik” kepada anda, kalimat yang perlu anda ucapkan balik padanya (untuk laki-laki) adalah “wa fii barakallah” dan (untuk perempuan) “wa fiiki barakallah”.

Kedua ucapan tersebut memiliki arti yang sama, hanya saja terdapat sedikit berbedaan kata untuk laki-laki dan perempuan. Disini sudah bisa dipandang dengan jelas, bahwa dalam islam, Ketika didoakan atas ulang tahun maka anda perlu mendoakan Kembali.


Ucapan Ulang Tahun untuk Adik yang Baik dan Berkesan


Doa Bahasa Arab untuk Mengiringi Ucapan Yaumul Milad

Ucapan yaumul milad barakallah fii umrik saja tidaklah cukup, anda perlu menambahkan kata-kata untuk mengiringinya. Jika biasanya anda menggunakan Bahasa Indonesia, alangkah baiknya iringi ucapan yaumul milad dengan sebuah doa berbahasa arab.

Berikut beberapa doa yang bisa menjadi iringan ucapan yaumul milad:

  • Doa memohon umur yang panjang

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Tulisan latin: Allahumma thowwil ‘umuu ronaa wa wa shohhih ajsaa danaa, wa nawwir quluu banaa, wa tsabbit iimaa nanaa wa ahsin a’maa lanaa, wa wassi’ arzaqonaa, wa ilal khoiri qorribnaa, wa ‘anisy-syarri ab’idnaa, waqdhi khawaa ijanaa fid diini wad dunyaa wal aakhirati innaka ‘alaa kulli syai-in qodiir.

Artinya: “Ya Allah, Panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari keburukan, kabulkanlah semua kebutuhan kami dalam urusan agama, dunia, serta akhirat. Sesungguhnya Engkau (Allah) Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

  • Doa Kemuliaan Keluarga

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Tulisa latin: Robbanaa hablanaa min azwaa jinaa wa dzurriyyaa tinaa qurrota a’yunin waj-‘alnaa lilmuttaqiina imaama

Artinya: “Ya Rabb (Allah) kami, anugerahkanlah kepada kami, istri-istri kami dan anak cucu kami sebagai penyenang hati kami, dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa.”

  • Doa untuk Keselamatan dan Kesejahteraan

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Tulisan latin: Allaahumma innaa nas-aluka salaamatan fid diini, wa ‘aafiyatan fil jasadi, wa ziyaa datan fil ‘ilmi, wa barokatan fir rizqi, wa taubatan qoblal maut, wa rohmatan ‘indal maut, wa maghfirotan ba’dal maut.

Artinya: “Ya Allah, kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kebugaran pada tubuh, dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizki, serta taubat sebelum mati, dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati.”

  • Doa untuk Anak yang Sholeh

رَبِّ هَبْلِيْ مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاءِ

Tulisan latin: Robbi hablii min ladunka dzurriyyatan thoyyibah. Innaka samii’ud du’aa.

Artinya : “Ya Rabbi (Allah), berikanlah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa (dari hambamu).”

  • Doa Mendapatkan Rezeki yang Halal

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِىْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَمَشَقَّةٍ وَلاَضَيْرٍ وَلاَنَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Tulisan latin: Allahumma innii as-aluka an tarzuqonii rizqon halaa lan waa si’an thoyyiban min ghairi ta’abin walaa masyaqqatin walaa dloirin walaa nashabin innaka ‘a-laa kulli syai-in qodiir.

Artinya : “Ya Allah, aku meminta pada Engkau akan pemberian rizki yang halal, luas, baik tidak tanpa repot, dan juga tanpa kemelaratan, dan tanpa keberatan. Sesungguhnya Engkau kuasa atas segala sesuatu.”

Mengucapkan selamat ulang tahun adalah sesuatu yang baik, terlebih lagi jika didampingi dengan doa. Jangan lupa berikan ucapan selamat ulang tahun kepada setiap orang yang dekat dengan anda, dan tentunya ucapan tersebut telah disusun dengan baik sehingga lebih berkesan dan bermakna.

Diatas merupakan penjelasan lengkap mengenai arti yaumul milad barakallah fii umrik dan penggunaannya serta doa apa saja yang bisa diucapkan untuk mengiringinya. Silahkan bagikan postingan ini kepada orang terdekat jika menurut anda bermanfaat.

Baca Juga:

Comments are closed.