15 Kata-Kata Kangen Pondok Pesantren, Kenangan Indah para Santri

15 Kata-Kata Kangen Pondok Pesantren, Kenangan Indah para Santri

Trimelive.com – Ketika sudah bertahun-tahun menjadi santri di pondok pesantren, pasti muncul perasaan kangen ketika sudah tidak lagi menjadi santri disana. Entah itu kangen karena suasana pesantren, kebersamaan dengan santri lainnya, maupun hal-hal lain yang tidak bisa didapatkan diluar pondok pesantren.

Untuk mengungkapkan perasaan ini, postingan ini bisa memberi inspirasimu. Saya telah menulis daftar kata-kata kangen pondok pesantren yang bisa menjadi caption disosial media misalnya story WA, IG, Tiktok dan lain sebagainya.

Kata-Kata Kangen Pondok Pesantren

Sudah menjadi hal yang lumrah saat sudah menjalani suatu rutinitas, di pondok pesantren misalnya, kemudian harus keluar atau telah lulus dari majelis pendidikan islam tersebut, merasa kangen akan semua hal tentang pondok pesantren.

Mungkin peraturan di pondok pesantren agak ketat, misalnya menekankan siswanya agar selalu bangun diwaktu subuh, tidak boleh membawa gadget, atau hal-hal lainnya. Tapi semua itu menjadi kenangan yang dirindukan saat lulus nanti karena tidak bisa didapatkan dari tempat lain.

Berikut kata-kata kangen pondok pesantren yang bisa menjadi ungkapan perasaan terdalammu.

“ Kenangan pertama kali mondok adalah menangis sendirian.”

“ Awal-awal kehidupan di pondok pesantren cukup berat kujalani, semua harus kulakukan sendiri. Namun dari situlah aku memulai kehidupan mandiri yang bisa diterapkan dalam kehidupan hingga saat ini.”

“ Bukan tentang seberapa banyak makanan yang ada, tapi seberapa banyak teman rebutan makanan yang ada. Itulah arti dari sebuah kebersamaan.”

“ Karena mengingat hafalan, tak semudah mengingat kenangan manis bersamamu.”

“ Akan ada banyak hal yang bakal dikangenin dari pondok pesantren, salah satunya ditakzir bareng yang menjadi kenangan tentang indahnya kebersamaan.”

“ Salah satu kenangan tak terlupakan tentang pondok pesantren adalah para santri yang lebih suka naruh Al-Qur’an di atas pintu daripada tempat khusus yang sudah disediakan.”

15 Kata-Kata Kangen Pondok Pesantren, Kenangan Indah para Santri

“ Di pondok itu ada saja yang bikin kita bahagia, ro’an (kerja bakti) bareng misalnya.”

“ Indahnya dipesantren: mau kaya atau miskin, kalau di pondok yang tetap pakai sarung plus peci.”

“ Wallahu a’lam bishawab, adalah kata mutiara terindah yang sering diucapkan oleh para santri.”

“ Gaul itu bukan Dia yang pakai celana jeans dan kemeja nyentrik, tapi Dia yang kemana-mana pakai sarung dan kopiah.”

“ Mondok di pesantren bukan hanya tentang mengaji dan mendalami ajaran agama islam, tapi juga tentang belajar kedisiplinan dan kebersamaan.”

“ Tak penting berapa lama kita kan bersama, tetaplah ingat kenangan kita sewaktu mondok bareng yang pernah kita ciptakan. Selamat berjuang dan gapailah cita-cita kalian, kawan surga …”

“ Pesantren mengajarkanku tentang bagaimana caranya untuk bersabar. Bersabar ngantri wudhu, ngantri makan, ngantri mandi, ngantri setor hafalan dan banyak lagi kegiatan yang harus ngantri.”

Baca Juga:

Akhir Kata

Itulah kumpulan kata-kata kangen pondok pesantren yang bisa menjadi inspirasimu. Pondok pesantren merupakan tempat menuntut ilmu, tidak hanya tentang pelajaran agama, tapi juga banyak pelajaran-pelajaran lainnya yang akan berguna sewaktu di masyarakat.

Setiap kegiatan di pondok pesantren awalnya mungkin cukup berat dijalani, tapi percayalah, seiring berjalannya waktu maka semuanya menjadi lebih mudah. Dan jika anda telah benar-benar tidak menjalani rutinitas di pondok pesantren lagi, maka semua kegiatan atau hal-hal yang tampaknya sepele akan menjadi kenangan indah yang dirindukan.