√ Contoh Susunan Acara Ulang Tahun Anak, Sederhana tapi Berkesan

Contoh Susunan Acara Ulang Tahun Anak

Trimelive.com – Ulang tahun adalah hari yang istimewa. Karena pada hari tersebut, seseorang telah dilahirkan ke dunia. Maka dari itu, ada baiknya merayakan ulang tahun bersama orang-orang tercinta di rumah.

Tidak hanya untuk orang dewasa, ulang tahun juga bisa dirayakan untuk anak kecil. Hal ini akan membuat anak senang karena akan ada banyak kue dan jajanan. Selain itu juga teman-temannya akan datang dan membuat suasana semakin seru. 

Namun yang seringkali membuat bingung adalah bagaimana caranya menyusun acara ulang tahun tersebut. Untuk membantumu, contoh susunan acara ulang tahun anak di bawah ini bisa menjadi referensi.

Susunan Acara Ulang Tahun Anak

Susunan acara ulang tahun sang buah hati sebetulnya tidak jauh berbeda dengan susunan acara ulang tahun pada umumnya. Yang membedakan hanyalah tema acara yang dipilih serta ada tambahan acara seperti games dan bernyanyi.

Acara ulang tahun anak bisa hanya dihadiri anggota keluarga, tapi lebih baiknya lagi jika dihadiri tetangga, kerabat, atau teman-teman dari anak yang berulang tahun.

Contoh susunan acara ulang tahun anak bisa seperti ini:

  1. Ucapan penyambutan & terima kasih buat tamu undangan
  2. Pembukaan acara
  3. Games atau permainan berhadiah
  4. Sambutan oleh orang tua atau wali
  5. Doa bersama
  6. Menyanyikan lagu ulang tahun
  7. Tiup lilin dan potong kue
  8. Menyuapi kue ulang tahun ke orang tua
  9. Membagikan kue ke teman-teman yang hadir
  10. Main tebak-tebakan sambil membagikan kue
  11. Memakan hidangan yang disiapkan
  12. Foto bersama
  13. Doa penutup
  14. Bersalaman dan pembagian bingkisan

Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan singkat masing-masing bagian acara ulang tahun anak.

1. Ucapan penyambutan & terima kasih buat tamu undangan

Ucapan penyambutan & terima kasih buat tamu undangan
Contoh kata sambutan ulang tahun

Susunan acara pertama adalah menyambut para tamu dengan ucapan dan salam pembuka serta ucapan terima kasih karena sudah datang. Ucapan penyambutan ini dilakukan oleh MC atau pembawa acara.

Yang dijadikan MC bisa anggota keluarga sendiri misalnya kakak, atau bisa juga tetangga yang dekat dengan anak-anak. Jika ingin lebih profesional, bisa menyewa orang luar untuk menjadi MC meskipun perlu mengeluarkan budget lebih.

Tamu undangan yang sudah hadir disambut oleh MC, dipersilahkan untuk duduk dan diberitahu bahwa acara akan segera dimulai. Para tamu yang membawa kado bisa memberikannya pada keluarga anak yang berulang tahun agar dikumpulkan di sudut ruangan yang telah disiapkan.

Baca Juga: Kata-Kata Harapan Seorang Ibu untuk Anakny yang Menyentuh Hati

2. Pembukaan acara

Selesai sambutan-sambutan dan ucapan terima kasih buat tamu undangan, MC bisa membuka acara misalnya dengan menjelaskan profil anak yang berulang tahun, kapan tanggal lahirnya, apa hobinya, dan akan memasuki usia ke berapa.

MC juga dapat melakukan percakapan singkat dengan para tamu agar sedikit lebih mengenal MC dan memperhatikan apa yang MC katakan.

3. Games atau permainan berhadiah

Meski acara sudah dimulai dan jam pembukaan acara sudah lewat, tapi masih ada saja tamu yang belum datang. Karena itu, MC atau pembawa acara bisa mengajak tamu untuk bermain games atau permainan berhadiah. Gak usah berlama-lama, games cukup dilakukan 15 sampai 20 menit.

4. Sambutan oleh orang tua atau wali

Selesai melakukan games, selanjutnya MC mempersilahkan orang tua atau wali untuk memberikan sambutannya kepada para tamu undangan. Isi dalam sambutan tersebut biasanya ucapan terima kasih buat para tamu yang sudah hadir dan rasa syukur karena anaknya telah bertambah usia. Cukup beri sambutan singkat agar para tamu tidak merasa bosan dan mengabaikan bagian acara ini.

Baca Juga: Ucapan Selamat Ulang Tahun Buat Anak Umur 1-5 Tahun

5. Doa bersama

Jangan lupakan berdoa bersama setelahnya. Penyampaian untuk doa bersama dilakukan oleh MC, isinya agar acara berjalan lancar, tidak ada halangan apapun, dan diberi keberkahan oleh Sang Maha Kuasa.

6. Menyanyikan lagu ulang tahun

Ini adalah acara inti dalam keseluruhan perayaan ulang tahun. Pihak keluarga mengeluarkan kue ultah yang telah disiapkan sambil menyanyikan lagu. Lagu yang biasa dinyanyikan adalah “selamat ulang tahun”. Lagu ulang tahun tersebut ditujukan buat anak yang berulang tahun yang dinyanyikan oleh semua yang hadir.

7. Tiup lilin dan potong kue

Selesai menyanyikan lagu selamat ulang tahun, selanjutnya adalah anak meniup lilin yang ada pada kue ulang tahun. Namun sebelum itu, MC bisa mengingatkan sang anak agar berdoa terlebih dahulu meminta apa yang paling diinginkannya, ini biasa disebut dengan Make a Wish.

Para tamu undangan bisa sambil menyanyikan lagu “Tiup lilinnya sekarang juga” saat anak meniup lilin. Kemudian anak memotong kue ultahnya dan akhiri dengan bertepuk tangan.

8. Menyuapi kue ulang tahun ke orang tua

Kue ulang tahun yang telah dipotong jangan dimakan sendiri ya. Gunakan sendok yang telah disiapkan agar anak yang berulang tahun bisa memberikan suapan pertama pada sang mama. Setelah itu papanya, kakak atau adik dan juga anggota keluarga lainnya.

9. Membagikan kue ke teman-teman yang hadir

Jika setiap anggota keluarga telah disuapin, kue bisa dipotong-potong lebih banyak untuk dibagikan kepada teman-teman sang anak yang telah menghadiri acara. Yang memotong kue bisa mama atau papa sang anak.

10. Main tebak-tebakan Sambil membagikan kue

Agar acara tidak tampak kosong saat memotong dan membagikan kue, MC bisa memandu acara untuk memainkan permainan tebak-tebakan. 

11. Memakan hidangan yang disiapkan

Setelah kue selesai dibagikan, MC bisa memandu acara berikutnya agar mulai memakan makanan yang telah disiapkan. Sajikan setiap makanan yang ada, misalnya kue-kue kecil, pudding, atau makanan berat. Biarkan para tamu memilih sendiri makanan yang diinginkannya. Dan jangan lupa MC mengingatkan agar para tamu tetap menjaga kebersihan dan membuang kemasan di tempat sampah yang telah disediakan.

Baca Juga:

12. Foto bersama

Kurang lengkap rasanya jika tidak ada dokumentasi acara ulang tahun yang dibuat. MC bisa memandu para tamu dan anggota keluarga untuk melakukan sesi foto bersama. Foto pertama yang wajib dilakukan adalah foto sang anak dan orang tuanya. Selanjutnya foto semua anggota keluarga dan setelah itu para tamu.

Selain itu, foto-foto yang dilakukan bisa dengan cara candid atau foto yang diambil tanpa membuat penampilan yang berpose. Jadi fotonya tampak natural, mengikuti setiap alur acara dan mendokumentasikan sepanjang acara berlangsung.

13. Doa penutup

Setelah serangkaian acara dari pembukaan sampai inti telah dilakukan, selanjutnya adalah menutup acara dengan doa penutup. MC dapat menutup acara dengan menyampaikan rasa terima kasih yang mewakilkan orang tua anak pada para tamu undangan yang telah hadir dan dilanjutkan dengan doa penutup. 

14. Bersalaman dan pembagian bingkisan

Bagian paling akhir dari susunan acara ulang tahun anak adalah bersalaman dengan anak yang berulang tahun dan orang tuanya. Tak lupa orang tua membagikan bingkisan buat anak-anak yang hadir sebagai wujud terima kasih karena telah berpartisipasi di acara ultah tersebut.

Akhir kata

Itulah contoh susunan acara ulang tahun anak yang bisa kamu selenggarakan di rumah. Acara ulang tahun anak tak harus mewah dan meriah. Asalkan susunan acaranya jelas dan terstruktur serta pembawa acara mampu memandu acara dengan baik, acara ulang tahun sudah bisa membuat semua yang hadir bergembira.