65 Kata-Kata Harapan Seorang Ibu untuk Anaknya, Menyentuh Hati

65 Kata-Kata Harapan Seorang Ibu untuk Anaknya, Menyentuh Hati

Trimelive.com – Setiap ibu memiliki harapan besar kepada anaknya. Harapan tersebut bisa berupa kesuksesannya di masa depan, kebahagiaan, kesehatan, ataupun harapan atas semua hal baik supaya datang kepada anaknya.

Ibu berharap atas hal-hal yang disebutkan bukan untuk kebahagiaannya sendiri, tapi tak lain demi kebahagiaan sang anak. Seperti yang dimaksud dalam sepatah kata “kasih ibu sepanjang masa”, seorang ibu mencintai anaknya apa adanya tanpa mengharapkan imbalan karena telah merawat dan membesarkannya.

Jika anda adalah seorang ibu, kata-kata harapan seorang ibu untuk anaknya berikut ini bisa menjadi inspirasi anda. Kata-kata ini juga bisa dijadikan referensi tentang apa yang sebenarnya seorang ibu perlu harapkan dari anak tercintanya.

Kata-Kata Harapan Seorang Ibu untuk Anaknya

Kata-Kata Harapan Seorang Ibu untuk Anaknya

“ Kamu adalah harapanku, anakku sayang.”

Setiap anak memiliki harapan dari ibunya sejak lahir. Kata-kata tersebut singkat, namun bermakna mendalam.

“ Ketika jalanan mulai terasa terjal, lanjutkan saja. Ibu yakin semuanya akan baik-baik saja karena kamu adalah semua harapan ibu.”

Kata-kata harapan seorang ibu untuk anaknya selanjutnya adalah tentang mendorong anaknya agar terus mengejar impiannya, sesulit apapun jalan yang dilewati.

“ Untuk anakku tercinta, Ibu ingin kamu tahu bahwa ibu berharap akan semua hal baik datang kepadamu.”

Setiap ibu akan mengharapkan bermacam-macam pada anaknya. Namun yang paling penting adalah harapan agar anak mendapatkan hal baik dalam hidupnya.

“ Tidak ada harapan yang lebih besar daripada harapan akan kebahagiaan atas hidup yang kamu jalani.”

Maksud dari kata-kata diatas adalah tentang harapan dari seorang ibu yang menginginkan kebahagiaan hidup anak tercintanya. Seorang ibu memang menginginkan hal lain dari anaknya, tapi yang paling utama adalah kebahagiaan atas hidup yang anaknya jalani.

“ Salah satu hal terbaik yang bisa kamu lakukan untuk orang lain adalah mendengarkan apa yang mereka katakan. Jadilah pendengar yang baik ya, sayang.”

Terkadang kita mengabaikan hal-hal kecil yang seharusnya diberitahukan kepada anak, salah satunya pentingnya mendengarkan perkataan orang lain. Mendengarkan saja, tidak harus menurutinya. Karena dengan begitu, artinya anak bisa lebih menghargai orang lain.

“ Jadilah anak ibu yang baik dan mau membantu orang lain. Tapi dahulukan dirimu sendiri sebelum orang lain.”

Setiap ibu berharap anaknya bisa menjadi anak baik yang bersedia membantu orang lain yang membutuhkan. Tapi, kata-kata tersebut mengajarkan bahwa kepentingan diri sendiri lah yang lebih penting dari apapun.

“ Berusaha sekuat tenaga. Berdoalah siang dan malam kepada Yang Maha Kuasa. Dan Serahkan semua pada kehendak-Nya.”

Harapan yang juga nasehat ini bisa menjadi renungan anak. Bahwa ketika berusaha meraih impian dengan sekuat tenaga, tetap harus berdoa supaya usaha tersebut berhasil. Kemudian serahkan hasil akhirnya (berhasil atau tidak) pada kehendak Allah SWT.

“ Teruslah tersenyum, karena selalu ada hal indah di dunia ini yang bisa kamu syukuri.”

Ini adalah kata-kata harapan dari ibu untuk anaknya agar selalu tersenyum. Karena keindahan di dunia akan selalu ada, sehingga masih banyak hal yang bisa disyukuri.

“ Tersenyumlah pada hal-hal yang bahkan tidak kamu sukai. Karena akan selalu ada hal indah di baliknya.”

Tersenyum pada hal disukai lumrah dilakukan. Tapi tersenyum pada hal yang tidak disukai sulit dilakukan. Meskipun begitu, hal yang tidak disukai tidak selalu berarti buruk, karena ada saja hal indah yang terselip di baliknya.

“ Ketika kamu menghadapi masa-masa sulit, ingatlah bahwa ibu selalu ada untukmu sayang.”

Meskipun tidak diminta, seorang ibu akan selalu ada untuk anaknya bahkan di masa-masa sulit sekalipun.

“ Jadilah kuat agar tidak ada orang yang meremehkanmu, namun tetaplah rendah hati agar kesombongan tidak menghancurkanmu.”

Harapan lainnya yang bisa diberikan kepada anak adalah agar dirinya menjadi kuat sehingga tidak ada yang meremehkan atau merendahkan. Kuat disini dapat diartikan kuat secara fisik, pengetahuan, atau ekonomi. Meskipun begitu, ibu juga harus berharap agar anaknya tetap rendah hati sehingga tidak muncul sifat sombong yang dapat menghancurkan.

Kata-kata harapan seorang ibu untuk anaknya lainnya sebagai berikut:

“ Semua harapan ibu ada untukmu, semoga kelak kamu menjadi seseorang yang luar biasa yang berguna bagi lingkungan disekitarmu.”

“ Ketika suasana hatimu sedang tidak karuan, jagalah lidah dari ucapan. Terkadang diam menjadi cara yang tepat agar tidak menyakiti seseorang.”

“ Anakku, jadilah setiap peran yang kamu mau. Asalkan itu baik untukmu, ibu akan selalu mendukungmu.”

“ Harapan selalu ibu curahkan untukmu sayang: Harapan agar kamu sehat wal afiat, harapan agar kamu panjang umur, dan harapan agar kamu senantiasa bahagia.”

“ Bekerja keras memang diperlukan supaya cita-citamu tercapai. Tapi ingat, Allah lah yang akan mengabulkannya. Untuk itu, berusaha dan berdoa menjadi cara terbaik agar impianmu benar-benar tercapai.”

Baca Juga:

Kata-Kata Harapan Seorang Ibu untuk Anaknya yang Menyentuh Hati

Kata-Kata Harapan Seorang Ibu untuk Anaknya yang Menyentuh Hati

“ Untuk anakku. Ibu berharap kamu bisa menghadapi setiap tantangan dengan kepercayaan di dalam dirimu. Teruslah melangkah maju dan biarkan hati nurani menuntun jalanmu. Ingatlah bahwa apapun jalan yang kamu pilih … Ibu selalu bangga padamu.”

“ Jadilah kuat, tapi jangan kasar. Jadilah baik hati, tapi jangan lemah. Jadilah rendah hati, tapi jangan pemalu. Banggalah pada diri sendiri, tapi jangan menyombongkan diri. Itulah yang harus selalu kamu ingat, anakku.”

“ Untuk anakku. Jangan pernah lupa bahwa ibu mencintaimu. Hidup ini penuh dengan tantangan dan kesempatan. Belajarlah dari apapun yang bisa kamu dapat. Jadilah anak ibu yang ibu kenal selama ini.”

“ Harapan terbaik selalu tercurahkan untukmu, sayang. Ibu menginginkan banyak hal darimu, kebahagiaan, kesuksesan, serta umur panjang supaya ibu bisa melihatmu bahagia bersama anak dan istrimu nanti.”

“ Untuk putraku. Kemanapun perjalanan di hidupmu yang kamu tempuh. Ibu berharap semoga kamu baik-baik saja dan jangan pernah lupa jalan pulang ke rumah. Ibu selalu disini mencintaimu.”

“ Kamu harus tumbuh menjadi seorang yang percaya diri. Jangan pernah menganggap kekurangan sebagai kelemahanmu. Anggaplah itu sebagai bagian dari dirimu yang kamu cintai. Karena hidup akan indah ketika kamu menerima diri apa adanya.”

“ Untuk anakku. Ibu berharap kamu terus berusaha meraih impian dan cita-citamu. Jangan lupa berdoa memohon kepada Allah Ta’ala semoga keinginanmu segera terwujud. Ibu juga akan terus mendoakanmu disetiap sujud ibu di malam hari.”

“ Tidak ada yang lebih ibu banggakan dari dirimu, sayang. Ibu tidak mengharapkan macam-macam darimu, hanya kebahagiaanmu lah yang paling ibu harapkan. Semoga kamu sehat dan panjang umur selalu.”

“ Untuk anakku, terima kasih telah hadir dihidupku. Kamu adalah cahaya ibu dan ayah. Semua harapan tertuju padamu, harapan supaya kamu kelak menjadi seseorang yang luar biasa.”

“ Waktu yang paling berharga adalah setiap detik yang terlewati bersama anakku. Harapanku semua tertuju padanya, harapan semoga Dia selalu bahagia sehingga bisa tersenyum dan tertawa bersama-sama.”

Akhir kata

Itulah kata-kata harapan dari seorang ibu untuk anaknya yang bisa dijadikan referensi. Tidak ada satu ibupun yang mengharapkan hal buruk pada anaknya. Sebaliknya, seorang ibu akan menaruh harapan yang besar pada anak, khususnya harapan tentang kebahagiaan anak. Semoga bermanfaat.

Zuandi Siregar
Berawal dari kata-kata, saya ingin berbagi pengetahuan saya dengan postingan-postingan yang bermanfaat dan dapat memberikan inspirasi bagi pembaca.