50 Kata-kata Bijak tentang Hutang, Jadikan Pelajaran Hidup

45+ Kata-kata Tentang Hutang yang Bisa Dijadikan Pelajaran

Trimelive.com – Hutang adalah sebuah pinjaman sesuatu biasanya uang namun belum bisa membayarnya atau mengembalikannya. Maka anda harus berhati-hati mengenai hutang. Sebelum berhutang pastikan anda mampu membayarnya kelak dikemudian hari.

karena jika anda hutang kepada seseorang atau instansi tanpa tahu apakah bisa mengembalikannya atau tidak, maka anda akan dilanda rasa tidak nyaman bahkan ‘sulit tidur’ karena memikirkan hutang tersebut.

Ada banyak kata-kata bijak tentang hutang yang bisa dijadikan pelajaran. Kata-kata tersebut dapat berisi tentang sebuah guyonan mengenai hutang, sebuah kalimat bijak, atau lainnya. Anda bisa menyimak kata-kata tentang hutang pada postingan kali ini.

#1 Kata-kata Tentang Hutang

Lebih baik tidak makan di malam hari sehingga sulit tidur daripada bangun tidur lalu memikirkan hutang.

Jangan pernah menghabiskan uang hutangmu sebelum kamu yakin pasti bisa mengembalikannya.

Seorang kreditur memiliki ingatan yang lebih baik daripada debitur.

Aku tidak akan pernah melupakanmu sampai kamu melunasi hutangmu padaku.

Jangan menunggu sang pemberi hutang menagih hutangmu padanya. Bisa jadi orang tersebut menghargai anda dan tidak mau anda merasa malu karena ditagihnya.

Jika kamu berhutang kepada seseorang, maka masalahnya ada pada anda. Tapi jika anda berhutang 1 juta dolar, masalahnya ada pada seseorang yang memberimu hutang.

Tidak mudah untuk merelakanmu. Apalagi merelakan uang-uang yang ku pinjamkan kepadamu.

Jangan pernah berfikir berhutang pada seorang kreditur sama dengan berhutang kepada teman sendiri. Mencoba mengulur-ulur waktu sampai lupa hutangmu.

Jangan pernah merasa kaya jika semua yang kamu miliki masih dalam masa cicilan.

Lebih baik tidur dalam keadaan lapar dan haus daripada bangun dengan memikirkan banyak hutang.

Jangan pernah membicarakan hutangku kecuali jika anda mau membayarnya.

Hutang adalah kemiskinan terburuk seseorang.

Janji melunasi hutang adalah janji yang harus ditepati hingga akhir hayat.

jika kamu tidak memiliki kemampuan membayar hutang. maka jangan ada keberanian untuk meminjam hutang.

Janji adalah hutang dan hutang harus dibayar. Penuhi janjimu sebelum sang malaikat memutus semua tentang dirimu dan kehidupanmu.


Kata-Kata Dibalik Senyuman ada Luka dan Kesedihan Mendalam


#2 Kata-kata Tentang Hutang Terbaru

Ada tiga jenis orang yang perlu anda ketahui: orang yang memiliki, orang yang tidak, dan orang memiliki tapi sebenarnya tidak.

Jika anda merasa kaya karena memiliki barang hasil hutang, maka lihatlah beberapa tahun kedepan. Semua barang yang kamu punya menghilang bahkan menjadi orang yang paling miskin dari yang termiskin.

Hutang tidak pernah membuatmu kaya. Hutang justru menjerumuskanmu menuju neraka dunia yang menyesakkan.

Menyisihkan sedikit uang untuk membeli kebutuhan lebih baik daripada mengumpulkan uang hasil hutang untuk membeli barang tak penting.

Ketika anda membuat janji untuk berhutang. Maka janji akan diterus mengusik hidup anda sampai hutang dilunasi.

Hutang menyeret orang yang miskin menjadi semakin miskin dan tersiksa.

Jangan pernah malu untuk menagih seseorang yang berhutang. Maka jika anda sayang kepada seseorang yang berhutang segera tagih hutangnya agar tidak ditagih sang Maha Kuasa.

Lebih baik jika anda menjadi miskin karena membayar hutang daripada mati membawa hiutang dan mendapat siksa yang pedih karenanya.

Anda tidak bisa mencari jalan keluar atas masalah keuanganmu dengan meminjam dan mencari hutang.

Jika anda tak mampu melunasi hutang, maka jangan lakukan. Hutang akan membuatmu merasakan tiap menit berharga hanya untuk berpikir sesuatu yang tidak ada jalan keluarnya.

#3 Kata-kata Singkat Tentang Hutang

Hutang adalah bentuk perbudakan kepada orang bebas.

Jangan pernah menganggap kalau hutang adalah sesuatu yang normal. Anda akan menemukan jawaban kalau hutang sejujurnya merupakan suatu bencana.

Tidak ada yang lebih bodoh daripada seseorang yang berhutang tapi tidak tahu cara melunasinya. Bagaikan orang yang pandai memanjat pohon namun tak tahu caranya untuk turun.

Tidak memiliki uang lalu berhutang adalah hal yang dianggap normal yang membuat  seseorang selamanya tidak akan pernah memiliki uang.

Jangan memiliki uang jika anda tidak tahu cara menggunakannya. Jangan pernah meminjam uang jika anda tidak tahu cara mengembalikannya.

Hutang dari seorang kreditur yang pandai bicara adalah suatu kebodohan yang nyata.

Semakin banyak anda berhutang semakin besar ganjalan di pikiran yang membuatmu tidak bisa menghasilkan uang untuk melunasinya.


Kata-Kata Sedih Kehidupan Keluarga yang Menyentuh Hati


#4 Kata-kata Bijak Tentang Hutang

Kehidupan selalu berputar, kadang berada di roda bawah dan kadang  diatas. Ketika berada di bawah, jangan pernah melakukan sesuatu kecuali anda dapat menebusnya, tak terkecuali hutang. Karena jika tidak, selamanya anda akan terpenjara pada kehidupan di roda bawah tanpa pernah tahu nikmatnya kehidupan di roda atas.

Hiduplah sesuai kemampuanmu, jangan berhutang. Memiliki sesuatu yang seharusnya tidak adalah keputusan yang membuatmu menyesal di kemudian hari.

Hutang seperti api. Semakin besar hutang semakin mungkin hutang tersebut membakar dan menyiksamu.

Banyak orang terpuruk dalam kehidupannya karena pinjaman utang yang tidak bisa dilunasi. Maka jadikan hidup orang lain sebagai pelajaran berharga hidupmu sendiri.

Menemukan seseorang yang merasa bahagia setiap hari padahal memiliki hutang adalah sesuatu yang sangat sulit ditemukan.

Tidak ada yang lebih bagus pada seorang kreditur daripada omongannya.

Hutang-hutangmu adalah janji-janji yang harus kamu tepati.

Mudah untuk meminjam uang, namun berat untuk mengembalikannya.

Ketika orang percaya pada dirimu dengan meminjamkan uangnya, maka jagalah kepercayaannya dengan mengembalikan hutangmu.

Merasa memiliki uang padahal hasil dari hutang  adalah sifat-sifat orang belum pernah ditagih oleh debt collector.

Kesimpulan

Itulah kata-kata mengenai hutang yang bijak dan bermakna untuk bisa dijadikan pelajaran hidup. Semoga membantu dan menginspirasi.

Zuandi Siregar
Berawal dari kata-kata, saya ingin berbagi pengetahuan saya dengan postingan-postingan yang bermanfaat dan dapat memberikan inspirasi bagi pembaca.