Kata-kata dari Seorang Ayah untuk Anak Laki-Laki | Bijak dan Berkesan 2020

0

Kedekatan antar anggota keluarga terjadi karena komunikasi yang terjaga dengan baik. Sebagai seorang ayah, anda harus sering-sering berkomunikasi dengan anak, dalam hal ini anak laki-laki agar lebih dekat. Dan ketika anak sedang dalam masalah, ia tidak memendamnya sendiri melainkan menceritakannya kepada anda karena ia sudah merasa nyaman membicarakannya kepada anda.

Tentu anda sangat menyayangi anak bukan? Anak laki-laki sering menjadi jagoan anda ketika ia masih kecil. Terkadang juga seorang ayah akan mencoba mengarahkan anak laki-lakinya untuk menggeluti sesuatu yang dirasa terbaik untuknya. Semua itu dilakukan karena rasa sayang dan cinta yang coba dicurahkan oleh ayah untuk anaknya.

Baca Juga: Kata-Kata Bijak Tentang Perjuangan Seorang Ayah demi Anak dan Istrinya

Kata-kata dari Seorang Ayah untuk Anak Laki-Laki

Anda tidak cukup mahir merangkai kata-kata sendiri untuk diberikan kepada anak laki-laki anda? Tenang, kami sediakan daftar lengkapnya pada artikel kali ini. Semoga kata-kata tersebut bisa menambah kedekatan anda dengan anak sekaligus sebagai sebagai ungkapan betapa berharganya dia bagi anda.

” Bagi ayah, kamu begitu berharga nak. Maka jadilah anak yang seperti ayah harapkan. Jadilah anak yang kelak bisa berguna bagi orang-orang disekitarmu.”

” Mungkin selama ini ayah kurang perhatian kepadamu. Maafkan ayah nak jika selama ini ayah telah menyakitimu. Semua ini ayah lakukan demi kamu, ayah rela bekerja hingga larut malam demi mencukupi semua kebutuhanmu.”

” Apapun yang kamu lakukan akan ayah dukung. Satu hal terpenting yang perlu kamu ingat adalah jangan berhenti di tengah jalan. Jika kamu sudah memilih sendiri jalanmu, maka teruslah berjalan hingga garis finish.”

” Sebagai anak laki-laki, kamu harus memiliki rasa tanggung jawab dalam dirimu. Apapun yang kamu lakukan, bertanggung jawab adalah hal utama yang harus dilakukan seorang laki-laki. Jangan lari atau kabur atas perbuatan dan tindakanmu sendiri, oke?”

” Melihatmu tumbuh membuat ayah teringat akan masa kecil ayah. Seusiamu pasti sedang mengalami banyak hal, entah itu kesenangan atau masalah. Yang terpenting yang ingin ayah sampaikan kepadamu adalah jangan memendamnya sendiri. Ceritakan kepada ayah, ibu atau kakakmu ketika ada masalah yang sedang kamu hadapi.”

” Nak, sekarang usiamu telah menginjak 17 tahun. Pasti banyak hal yang telah kamu lalui dan ada lebih banyak hal yang akan segera kamu dapatkan. Apapun itu, ingat pesan ayah, jadilah anak yang baik seperti yang ayah tahu.”

” Ayah senang melihatmu tumbuh dalam keadaan yang sehat dan penuh keceriaan. Namun jangan hanya bermain-main, belajarlah dan persiapkan dirimu akan masa depanmu. Karena nantinya kamu pasti berumah tangga dan seorang pria adalah tulang punggung keluarga yang harus bekerja mencari nafkah dan  penghidupan bagi keluarganya.”

” Biarpun ayah jarang bercakap denganmu, namun ayah  peduli akan masa depanmu. Ingatlah satu hal, jika kamu sudah memiliki sebuah tujuan/cita-cita, kejarlah sampai mendapatkannya. Dalam perjalananmu pasti akan ada banyak rintangan, hambatan dan halauan. Jangan menyerah karena disetiap kesulitan pasti ada celah kesempatan yang bisa kamu raih.”

” Anakku, bagaimana sekolahmu? Ada masalah yang perlu diceritakan kepada ayah? kapanpun Ayah akan menunggu sampai kamu bisa menceritakannya kepada ayah.”

” Disetiap kesulitan pasti ada jalan. Ayah beritahu kepadamu nak akan semua hal yang berkaitan dengan keberhasilan. Semua perjalanan menuju sebuah cita-cita/kesuksesan pasti ada saja hambatan yang menghalau. Namun setiap kali kamu bangkit lagi sedikit demi sedikit kesempatan terbuka kepadamu. Jadi ingatlah agar jangan menyerah sampai kamu memperolehnya.”

” Ayah bangga memiliki anak laki-laki yang bertanggung jawab sepertimu. Kamu bertanggung jawab atas dirimu sendiri dengan cara belajar dan menuntut ilmu dengan baik. Ingatlah kalau wanita lebih mau menikahi seorang pria yang unggul secara finansial daripada unggul secara fisik (ganteng, tinggi, mancung atau lainnya).”

Kata-kata Bijak dari Seorang Ayah untuk Anak Laki-Laki

” Era sekarang dan dulu jelas berbeda. Sekarang kamu bisa belajar hanya lewat HP, laptop atau tablet. Manfaatkan semua itu untuk kebaikanmu di masa depan. Belajarlah dengan gigih dan raihlah kemakmuran untuk masa depanmu sendiri.”

” Ayah tidak mengharapkan apa-apa darimu. Kamu memiliki sesuatu yang harus ditanggung sendiri serta dimasa mendatang kamu akan memiliki keluarga untuk dinafkahi. Pesan dari ayah adalah bertanggung jawablah atas semua yang kamu lakukan. Apapun itu, sebagai pria sejati akan selalu bertanggung jawab terlepas dari apa yang telah dilakukannya.”

” Nak, maafkan ayah jika selama ini kurang memperhatikanmu. Ayah sebetulnya sangat memperhatikanmu, hanya saja caranya berbeda dari ibu.”

” Anak lelaki harus bijak dalam bersikap. Bertanggung jawab dengan semua perbuatan yang telah dia lakukan. Karena seorang pria akan menjadi kepala keluarga.”

” Putraku tercinta, jadilah anak laki-laki yang pantang menyerah, gigih dalam melakukan usaha dan jangan berhenti sampai kamu mendapatkannya.”

” Seorang pria sejati tidak dilihat dari wajahnya yang tampan dan bersih. Namun dia dilihat dari tabahnya dalam menghadapi lika-likunya jalan kehidupan.”

Kesimpulan

Mungkin selama ini anda sebagai ayah jarang bercakap dengan anak. Namun mulai sekarang sering-seringlah untuk sekedar ngobrol atau bercanda dengan anak agar kedekatan dengannya semakin terjaga. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.