Kata-kata Ayah untuk Anak Laki-laki, Penuh Arti dan Makna di 2022

Kata-kata dari Seorang Ayah untuk Anak Laki-Laki

Kedekatan antar anggota keluarga terjadi karena komunikasi yang terjaga dengan baik. Sebagai seorang ayah, Anda harus sering-sering berkomunikasi dengan anak, dalam hal ini anak laki-laki agar lebih dekat.

Sehingga ketika anak sedang dalam masalah, dia tidak hanya memendamnya sendiri melainkan menceritakannya kepada Anda karena dia sudah merasa nyaman membicarakannya dengan Anda.

Berikut ini Trimelive.com sajikan kumpulan kata-kata ayah untuk anak laki-laki yang bermakna dan penuh arti. Jadikan kata-kata ini sebagai awal dari hubungan ayah dan anak yang lebih dekat dan harmonis.

Kata-kata Bijak Ayah untuk Anak Laki-laki 

Kata-kata Bijak Ayah untuk Anak Laki-laki 

“Tidak ada harapan yang lebih besar dari harapan ayah untuk anak laki-lakinya.”

“Adalah tugas seorang ayah memberi kesempatan yang baik untuk anak-anaknya.”

“Seorang ayah harus tahu kalau anak laki-lakinya mengikuti tindakan mereka, bukan nasehat.”

“Pahlawan pertama anak laki-laki adalah ayahnya.”

“Seorang ayah tidak memberi tahu anaknya bagaimana cara menjalani hidup, tetapi Dia hidup dan membiarkan anaknya melihat.”

“Setiap ayah harus tahu bahwa suatu hari akan mengikuti tindakannya daripada nasehatnya.”

“Cinta seorang ayah akan selalu tersembunyi di dalam hati dan senyumannya.”

“Seorang ayah adalah pria yang mengharapkan putranya menjadi pria sebaik yang Dia inginkan.”

“Seorang anak membutuhkan ayahnya di setiap situasi yang dihadapinya saat ini, dan setiap ayah membutuhkan putranya di setiap situasi yang Dia hadapi untuk putranya di masa lalu.” – Nishan Panwar

“Ketika seorang ayah memberi kepada putranya, keduanya tertawa. Ketika seorang anak memberi kepada ayahnya, keduanya menangis.” – Yiddish Proverb

Ayah menyebarkan kebijaksanaan kepada anak-anak mereka dengan harapan bisa menyebarkannya ke seluruh dunia.”

“Sebagai ayah, Anda menginginkan yang terbaik untuk putra Anda. Anda ingin membuat kenangan terbaik untuk putra Anda.” – Bill Goldberg

“ Menjadi seorang ayah berarti banyak hal, tetapi yang terpenting menjadi panutan terbaik bagi putramu.”

“Anak selalu mengenal ayah sebagai pahlawan terbesar dalam hidup mereka. Sementara ayah mengenal anak sebagai pencapaian terbesar mereka.”

“Fakta bahwa hubungan diriku dengan putraku sangat baik, membuatku memaafkan ayahku dan juga menghargainya.” – Anthony Kiedis

“Pemberian terbesar ayah kepada anak laki-laki bukanlah barang mewah atau sesuatu yang sulit di dapatkan, akan tetapi sebuah Kepercayaan.”

“Seperti ayah dan anak, setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik.”

“Seorang pria tahu kapan Dia menjadi tua karena Dia mulai terlihat seperti ayahnya.”

“Bukan hubungan darah, tetapi hati yang menjadikan kita ayah dan anak.” – Johann Friedrich von Schiller

“Putraku adalah hal paling berharga bagiku. Dia mengubahku dari egois menjadi tidak mementingkan diri sendiri.” – Ricardo Antonio Chavira

“Ayah dan anak laki-laki adalah dua sisi mata uang yang sama. Mereka saling melengkapi dengan cara yang hanya dipahami oleh takdir.”

“Setiap anak mengutip ayahnya, dalam kata-kata dan perbuatan.” – Terri Guillemets

“Seorang anak laki-laki adalah janji bahwa ayah akan selalu memiliki teman.”

“Kita menjadi teman, lebih dari hubungan anak dan ayah.” – Richard Bergeron

“Dibalik anak laki-laki yang percaya pada dirinya sendiri, ada seorang ayah yang percaya padanya untuk pertama kali.”

“Menjadi ayah berarti harus menjadi panutan bagi anak dan menjadi seseorang yang dapat anak teladani.” – Wayne Rooney

Kata-kata Ayah untuk Anak Laki-laki yang Inspiratif

“Hari ini aku menjadi orang paling bahagia di dunia. Putraku telah lahir dan terima kasih atas karunia Tuhan yang indah ini.”

“Bagi ayah, kamu begitu berharga nak. Maka jadilah anak yang seperti ayah harapkan. Jadilah anak yang kelak bisa berguna bagi orang-orang di sekitarmu.”

“Hormatilah orang lain terlebih dahulu maka kamu akan dihormati. Jagalah kepercayaan orang lain terlebih dahulu maka orang lain akan percaya padamu.”

“Jika kamu merasa di atas, maka jangan cepat berpuas diri. Tetap rendah hati dan ingatlah suatu saat kamu pasti akan membutuhkan bantuan orang lain.”

“Pangeran kecilku, terima kasih telah hadir di hidupku. Semoga hari-harimu selalu indah dan bahagia.”

“Kamu akan terus bertumbuh dan mengerti kehidupan. Jadilah pria yang baik, bertanggung jawab, jujur dan mau menolong orang lain.”

“Mungkin selama ini ayah kurang perhatian kepadamu. Maafkan ayah nak jika selama ini ayah telah menyakitimu. Semua ini ayah lakukan demi kamu, ayah rela bekerja hingga larut malam demi mencukupi semua kebutuhanmu.”

“Semakin banyak kamu menggunakan uang, semakin banyak uang berkurang. Tetapi semakin banyak kebijaksanaan yang kamu  bagikan, semakin kamu tumbuh.”

“Tidak peduli apa yang orang lain katakan tentangmu, kamu akan selalu menjadi putra kebanggaan ayah.”

“Jika kamu ingin menyalahkan atau mengkritik seseorang, lihatlah diri sendiri terlebih dahulu. Jangan sampai Dia memberitahu kekuranganmu yang tidak kamu lihat.”

“Kamu lebih dari anak ayah, kamu adalah kebanggaan dan kebahagiaan ayah sampai kapanpun.”

“Papa mungkin tidak pernah mengatakannya, tapi satu hal yang harus kamu ingat; Papa selalu menyayangimu lebih dari yang pernah kamu tahu.”

“Nak, jangan takut jika kamu tidak merokok, tidak minum, tidak keluar malam. Karena kamu akan dapat pasangan yang tidak merokok, tidak minum dan tidak keluar malam.”

“Ayah hanya berharap satu darimu; kebahagiaanmu. Kamu memiliki kehidupan sendiri. Tapi ingat ibumu yang selalu menyuapi kamu makanan lezat saat Dia tidak makan apa-apa.”

“Jika anakku bahagia, aku juga turut bahagia.”

“Untuk anakku, jangan pernah lupakan aku mencintaimu. Hidup diisi dengan hal baik dan hal buruk. Pelajari semua yang kamu bisa. Jadilah pria yang kamu pasti bisa.”

“Maafkan aku karena tidak bisa menjadi seperti ayah teman-temanmu. Tapi aku berjanji akan memberimu semua yang terbaik selama masih hidup.”

“Apapun yang kamu lakukan akan ayah dukung. Satu hal terpenting yang perlu kamu ingat adalah jangan berhenti di tengah jalan. Jika kamu sudah memilih sendiri jalanmu, maka teruslah berjalan hingga garis finish.”

“Sebagai anak laki-laki, kamu harus memiliki rasa tanggung jawab dalam dirimu. Apapun yang kamu lakukan, bertanggung jawab adalah hal utama yang harus dilakukan seorang laki-laki. Jangan lari atau kabur atas perbuatan dan tindakanmu sendiri, oke?”

“Nak, sekarang kamu telah menginjak (sebutkan usia) tahun. Pasti banyak hal yang telah kamu lalui dan ada lebih banyak hal yang akan segera kamu dapatkan. Apapun itu, ingat pesan ayah, jadilah anak yang jujur, pekerja keras dan tetap rendah hati.”

“Tidak peduli seberapa besar kamu tumbuh nantinya, kamu tetaplah putra ayah yang selalu ayah cintai.”

“Anakku, bagaimana sekolahmu? Ada masalah yang perlu diceritakan kepada ayah? kapanpun Ayah akan menunggu sampai kamu bisa menceritakannya kepada ayah.”

Kata-kata Ayah untuk Anak Laki-laki yang Panjang dan Memotivasi

“Suatu saat kamu akan tahu kebahagiaan ayah berada pada kebahagiaan anak-anaknya. Aku tidak bisa menjelaskannya, perasaan itu datang dan tumbuh sendiri tanpa disadari.”

“Anak laki-laki harus bijak dalam bersikap dan bertanggung jawab atas setiap hal yang dilakukan. Karena Ia pasti akan menjadi kepala keluarga.”

“Hidup ini terlalu berat untuk selalu mengandalkan diri sendiri tanpa melibatkan bantuan Tuhan dan orang lain.”

“Apapun yang kamu lakukan akan ayah dukung. Satu hal yang terpenting adalah jangan pernah berhenti di tengah jalan. Jika kamu sudah memilih jalanmu sendiri, maka teruslah berjalan hingga garis finish.”

“Era sekarang dan dulu jelas berbeda. Sekarang kamu bisa belajar hanya lewat HP, laptop atau tablet. Manfaatkan semua itu untuk kebaikanmu di masa depan. Belajarlah dengan gigih dan raihlah kesuksesan untuk masa depanmu sendiri.”

“Mungkin kamu melupakan satu hal terpenting nak, ayah selalu ada di belakangmu. Jangan takut melangkah, jangan takut jatuh, karena ayah akan senantiasa menjagamu dan melindungimu.”

“Jika kamu gagal kali ini, jika kamu kalah hari ini, ingat apa kata ayah “pertandingan belum selesai”. Kamu baru saja berlari 2 kilometer, dan lawanmu tak jauh di depanmu. Buatlah rencana dan aturlah strategimu kembali. Kemudian berlarilah menyusul lawanmu dan kalahkan mereka. Ingatlah kalau kegagalan maupun kekalahan adalah batu loncatan untuk mencapai keinginan dan cita-citamu ke depan.”

“Seorang pria sejati tidak dilihat dari wajahnya yang tampan dan bersih. Namun dilihat dari tabahnya dalam menghadapi lika-liku jalannya kehidupan.”

“Ayah tidak mengharapkan apa-apa darimu. Kamu memiliki sesuatu yang harus ditanggung sendiri serta dimasa mendatang kamu akan memiliki keluarga untuk dinafkahi. Pesan dari ayah adalah bertanggung jawablah atas semua yang kamu lakukan. Apapun itu, sebagai pria sejati akan selalu bertanggung jawab terlepas dari apa yang telah dilakukannya.”

“Di setiap kesulitan pasti ada jalan. Ayah beritahu kepadamu nak akan semua hal yang berkaitan dengan keberhasilan. Semua perjalanan menuju sebuah cita-cita/kesuksesan pasti ada saja hambatan yang menghalau. Namun setiap kali kamu bangkit lagi sedikit demi sedikit kesempatan terbuka kepadamu. Jadi ingatlah agar jangan menyerah sampai kamu memperolehnya.”

“Ayah senang melihatmu tumbuh dalam keadaan yang sehat dan penuh keceriaan. Namun jangan hanya bermain-main, belajarlah dan persiapkan dirimu akan masa depanmu. Karena nantinya kamu pasti berumah tangga dan seorang pria adalah tulang punggung keluarga yang harus bekerja mencari nafkah dan  penghidupan bagi keluarganya.”

“Nak, maafkan ayah jika selama ini kurang memperhatikanmu. Ayah sebetulnya sangat memperhatikanmu, hanya saja caranya berbeda dari ibu.”

“Anak lelaki harus bijak dalam bersikap. Bertanggung jawab dengan semua perbuatan yang telah dia lakukan. Karena seorang pria akan menjadi kepala keluarga.”

“Biarpun ayah jarang bercakap denganmu, namun ayah  peduli akan masa depanmu. Ingatlah satu hal, jika kamu sudah memiliki sebuah tujuan/cita-cita, kejarlah sampai mendapatkannya. Dalam perjalananmu pasti akan ada banyak rintangan dan hambatan. Jangan menyerah karena di setiap kesulitan pasti ada kesempatan sukses yang bisa kamu raih.”

“Ayah bangga memiliki anak laki-laki yang bertanggung jawab sepertimu. Kamu bertanggung jawab atas dirimu sendiri dengan cara belajar dan menuntut ilmu dengan baik. Ingatlah kalau wanita lebih mau menikahi seorang pria yang unggul secara finansial daripada unggul secara fisik (ganteng, tinggi, mancung atau lainnya).”

“Melihatmu tumbuh membuat ayah teringat akan masa kecil ayah. Seusiamu pasti sedang mengalami banyak hal, entah itu kesenangan atau masalah. Yang terpenting yang ingin ayah sampaikan kepadamu adalah jangan memendamnya sendiri. Ceritakan kepada ayah, ibu atau kakakmu ketika ada masalah yang sedang kamu hadapi.”

“Putraku tercinta, jadilah anak laki-laki yang pantang menyerah, gigih dalam melakukan usaha dan jangan berhenti sampai kamu mendapatkannya.”

Akhir kata

Mungkin selama ini Anda sebagai ayah jarang berbincang dengan anak. Namun mulai sekarang sering-seringlah untuk sekedar ngobrol atau bercanda dengan anak agar kedekatan dengannya semakin terjaga. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Baca Juga: